,


Jumat, 31 Mei 2013 - 11:02:26 WITA
Diposting oleh : Redaksi
Kategori: SULUT - Dibaca: 504 kali

Harga Cengkih Terus Naik


Harga Cengkih Terus Naik

Manado,ME

Petani cengkih di Sulawesi Utara sumringah. Harga emas coklat yang dikuatirkan turun oleh petani jelang panen raya justru naik meski dalam skala kecil. Rabu (29/5)kemarin, harga cengkih di Manado mencapai Rp 122 ribu per kilogram. Harga tersebut lebih tinggi dibandingkan dari bulan lalu yang hanya Rp 118 ribu per kilogram.

"Saat ini harganya Rp 122 ribu per kilogram, " imbuh Ko’ Fui pemilik toko pengumpul cengkih di Pasar Pinasungkulan. Harga cengkih naik saat ini kemungkinan terjadi karena stok yang berkurang, sehingga harganya bergerak naik. "Sudah dari minggu lalu bergerak naik," tuturnya.

Kenaikan tersebut bisa terus berlanjut jika stok memang kurang, seperti yang terjadi beberapa waktu lalu, yang sempat menembus harga mendekati Rp 200 ribu per kilogram.

Kenaikan harga cengkih saat ini, lebih disebabkan saat ini di Sulut tidak ada panen raya. Sebab biasanya hal tersebut terjadi pada Juli mendatang, sehingga saat ini stok cengkih di petani berkurang. Sehingga mau tidak mau harga cengkih menjadi meningkat, hal ini tentu saja menguntung petani yang masih mempunyai simpanan cengkih. "Saya tidak bisa memprediksikan apakah akan naik lagi, atau akan turun," telutuk Maikel, pedagang lainnya. 

Terpisah, Kepala Biro Perekonomian pemprov Sulut menngungkapkan kenaikan harga cengkih yang terjadi saat ini, karena belum memasuki masa panen. "Harga cengkih sekarang memang sedikit naik, hal ini mungkin karena stok di petani yang berkurang," katanya di kantor Bank Indonesia Rabu kemarin.

Harga cengkih di Pasar Bersehati lebih tinggi lagi, salah satu pembeli berani memnbeli dengan harga Rp. 125 ribu per kilogram. (Raimon Sumual/msg)


Apa Komentar Anda?


Berita Terkait